Kamis, 15 Desember 2011

Virtual office virtual chat

Dari banyak diskusi yang saya ikuti sewa ruang kantor Jakarta Murah, serta dari pengamatan di beberapa kantor di Jakarta, chatting dianggap barang haram oleh kebanyakan perusahaan. Alasan utamanya biasanya adalah (penurunan) produktivitas kerja, security kantor (dari virus, spam dan sejenisnya), serta pemborosan uang (bandwidht sia-sia untuk ngobrol urusan non kantor).

Alasan-alasan tersebut sangat masuk akal. Namun, tetap saja ada perusahaan yang memperbolehkan hal tersebut karena melihatnya dari sisi lain. Virtual Consulting termasuk jenis perusahaan yang mempersilahkan karyawannya menggunakan fasilitas chat selama bekerja. Bisa jadi, sebagian perusahaan online melakukan hal yang sama.
Seperti yang saya sampaikan kepada majalah wanita bulanan PRODO no.3/Th VIII Nopember 2007, seluruh karyawan saya wajibkan memiliki account untuk chat. Boleh pakai Yahoo! Messenger, Gtalk atau MSN.

Banyak komunikasi pekerjaan yang bisa diselesaikan via chat. Daripada meeting secara fisik misalnya, beberapa diskusi pekerjaan tak jarang ternyata lebih efektif jika dilakukan via chat.

Bahkan, kadangkala kami chat berkelompok dengan klien yang berada di luar kota untuk project management. Notulen meeting cukup copy-paste dari pembicaraan via chat. Efektif. Terdokumentasi.
Meski ada konsekwensi negatif seperti yang dilihat banyak perusahaan lain, saya juga melihat efek positinya penerapan kebijakan ini. Chat, buat saya, hanyalah tools. Baik buruknya efek terhadap perusahaan tergantung pada kedewasaan manajemen dan karyawan memanfaatkan tools ini.
Saya bisa mengibaratkan chat sebagai pisau. Benda tajam ini bisa mencelakan, bisa pula bermanfaat. Amat sayang kalau kemudian pisau tidak dipakai hanya karena ada efek negatifnya. Sama saja, amat sayang kalau chat tidak bisa digunakan di perusahaan karena melihat sisi efek negatifnya saja, karena efek positifnya juga banyak.
Bagaimana di tempat Anda? apakah ada Sewa ruang kantor di jakarta murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar